Apa Itu Nafkah Iddah Dan Mut’ah ??

sebelum nya perlu kita ketahu perbeedaan antar

  1. Nafkah iddah: Ini adalah kewajiban bagi suami untuk memberikan nafkah kepada istri selama periode tertentu setelah perceraian atau kematian suami. Tujuannya adalah untuk memberi istri waktu untuk menyesuaikan diri setelah perceraian dan menentukan apakah dia hamil. Durasi iddah bervariasi tergantung pada situasi, namun secara umum, itu adalah tiga bulan bagi wanita yang tidak hamil, dan sampai melahirkan bagi wanita yang hamil. Selama periode ini, istri biasanya tinggal di rumah suami dan diberi dukungan finansial.
  2. Mut’ah (pernikahan sementara): Ini adalah pernikahan sementara dalam Islam di mana seorang pria membayar mahar kepada seorang wanita untuk periode waktu tertentu untuk tujuan tertentu. Perjanjian ini memiliki batas waktu yang ditentukan dari awal, dan setelah periode waktu tersebut berakhir, pernikahan itu secara otomatis bubar tanpa perlu perceraian formal. Meskipun praktik ini diterima dalam beberapa mazhab, dianggap kontroversial dalam Islam karena banyak yang melihatnya sebagai bentuk prostitusi yang disamarkan. Mayoritas ulama dan mazhab Islam sepakat bahwa mut’ah telah dilarang.

nafkah iddah dan mutah ini dan nafkah mutahini biasanya dilakukan sebelum dilakukannya ikrar talak. Bahkan sering dijumpai, hakim menunda pengucapan ikrar talak dan memberikan batas waktu pembayaran nafkah iddah dan nafkah mutah selama enam bulan.

dan berapa lama masa iddah itu patinya berbeda tergantung masa suci perempuan itu sendiri biasa nya rentang waktunnya 3 -12 bulan paling lam Apabila perkawinan putus karena perceraian, waktu tunggu bagi yang masih haid ditetapkan 3 kali suci dengan sukurang-kurangnya 90 hari, dan bagi yang tidak haid ditetapkan 90 hari. Apabila perkawinan putus karena perceraian sedang janda tersebut dalam keadaan hamil, waktu tunggu ditetapkan sampai melahirkan.

Share your love

Newsletter Updates

Enter your email address below and subscribe to our newsletter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *